Tuesday, January 15, 2013

guci | pemandian air panas di tegal


Guci, tempat wisata air panas di tegal

Mungkin banyak orang yang tahu tempat pemandian air panas di Tegal ini,  Kemarin saat saya libur imlek dan pulang ke Indonesia kami berkesempatan mengunjungi tempat wisata tersebut. Sesuai dengan referensi seorang sahabat ternyata untuk menuju lokasi Guci tersebut tidaklah terlalu sulit karena ada banyak plang petunjuk untuk menuju lokasi tersebut.
Guci terdapat di kabupaten Tegal kearah utara maka kita akan berjumpa dengan  kecamatan Bumijawa dikaki lereng gunung Slamet. Konon menurut orang sekitar Mata air panas Guci di Tegal ini adalah dari walisongo yang mengutus seorang sunan untuk mambawa sebuah Guci berisi air panas.
Air dari Guci tersebut diyakini dapat membawa berkah bagi masyarakat sekitar, namun karena air dari Guci tersebut tidak cukup diberi untuk semua masyarakat sekitar maka sunan yang diutus tersebut menancapkan tongkatnya ketanah dan dari situlah keluar mata air panas.

Sampai ratusan tahun berlalu tempat tersebut tetap di berinama Guci. Masyarakat sekitar memanfaatkan mata air panas tersebut untuk mandi dan berendam. Mata air panas Guci diyakini dapat menyembuhkan beberapa macam penyakit bahkan masyarakat sekitar meyakini bahwa jika kita mandi di air panas Guci kita akan terlihat lebih muda hehehehehehe boleh percaya boleh juga tidak.

Berbeda dengan mata air panas yang lain, Guci memiliki mata air yang jernih tidak berbau dan tidak keruh  karena tidak  mengandung belerang. Guci terdapat 25 pancuran dan ada 3 kolam pemandian bertingkat masing-masing dari kolam pemandian tersebut airnya selalu mengalir dan terus berganti.
Di mata air panas Guci juga terdapat air terjun 13, namun air terjun tersebut merupakan air terjun yang berair dingin sementara diatasnya ada juga air terjun yang bernama air terjun Jedor. Di beri nama air terjun Jedor karena dahulu disekitar air terjut tersebut adalah milik seorang lurah yang bernama Jedor.

Kita disuguhkan 2 pemandangan yang berbeda di satu sisi adalah mata air yang mengalirkan air hangat dan disisi sebelahnya adalah air terjun yang mengalirkan air dingin. Berkunjung ke daerah termpat wisata tersebut diatas jam 12 siang maka kita akan lihat daerah tersebut mendung saja. Tidak ada panas dijam-jam segitu walau siang hari. Jika kita ingin merasakan air terjun 13 yang dingin ini maka kita dapat duduk-duduk dibebatuan di sepanjang aliran air terjun ini.

Di lokasi wisata tersebut banyak sekali penginapan, tidak usah takut untuk menginap di penginapan di daerah Guci tersebut karena tarif  sewa hotel disitu tidak terlalu mahal. Di kawasan wisata pemandian air panas  Guci juga terdapat wisata alam bagi kita yang ingin menikmati pohon-pohon pinus  kita juga dapat masuk kedalam kawasan tersebut. Untuk dapat menikmati hutan wisata kita dapat menyewa kuda, ternyata mengasikkan sekali bisa jalan-jalan di hutan pinus sambil mengendarai kuda.
Untuk masuk ke lokasi wisata kita dikenakan biaya 4.500  rupiah, sebelum masuk kearea parkir ada juga sebuah pasar menjual berbagai macam hasil bumi masyarakat sekitar. Ada juga berbagai macam manisan buah seperti manisan pepaya, cermai atau nanas

Selama perjalanan hamparan sawah, perkebunan bawang, kol, wortel daun bawang serta perkebunan strawberi sungguh sedap dipandang. Melintas dijalan sebelum menuju lokasi juga terdapat pohon-pohon tinggi tinggal ranting dan batang saja

Semoga tempat wisata pemandian air panas Guci di Tegal ini menarik untuk di nikmati oleh para kompasianer.
Salam Sya, HCM 3 Februari 2012



0 comments:

Post a Comment

Tolong dikomen ya, dengan bahasa yang baik dan tidak bersinggungan dengan SARA