Sunday, January 20, 2013

kuliner maknyus di Tegal

Referensi kuliner ala admin wisatategal.info

kalau bicara soal makanan, memang gak ada habisnya. semua daerah pasti punya tempat favoritnya masing-masing. kali ini mimin mau kasih tempat makanan yang recommended. Pasti dong rasanya tidak mengecewakan.

Wilayah Kabupaten Tegal

Ikan bakar Bukit Sitanjung  (pic of Stephani)
Kuliner paling favorit adalah Rumah makan Bukit Sitanjung di Lebaksiu. Gurame bakarnya jarang ada yang nyamain rasa dan penyajiannya. Ditaburi toping cabe, bawang dan tomat rasanya menggugah selera. soal fotonya? maaf mimin jarang motoin, masa foto makanan lebih banyak dibandingkan foto diri :D kalau mau kesana aja :p lokasinya pas tikungan tugu GBN lebaksiu ke timur 200m. Masalah harga? kalau makan berdua, siapkan saja duit 100 ribu, ikannya senampan berdua (lumayan besar loh). kalau pas rame, pesen aja dulu martabaknya yg juga enak. dengan saos cuka. lumayan mengganjel perut.

kedua adalah sauto tauco Tegal "Sedap Malam" yang versi Daan jenggot. Sedap malam ada beberapa warung yang buka, maklum bersaudara. Saingan terberatnya ada di seberang jalan, sauto Amir. Rasanya sih beti (beda tipis) sama-sama enak. harga perporsinya Rp.11.000 sekarang (januari 2013). Lokasinya dekat dengan pertigaan butak jalan raya pesayangan-pagongan.

sementara itu dulu nanti dilanjut, sudah ngantuk sangat sambil ninaboboin perut yang bergejolak :)

update 20/1/2013

Lanjut maning bos :)
 ketiga, bakso makanan favorit warga termasuk juga kakang Obama :) *mirip loh mimin. Untuk wilayah Slawi, mimin paling suka sama bakso Kumis (pasti yang punya berkumis, andai dia di jakarta bisa dijadikan menpora =)) Lokasinya berada di ruko Slawi dekat Mutiara Cahaya (Pasar Swalayan). harga antara Rp. 8000 - Rp. 9000/ porsi.

Ada juga warung bakso yang enak di lokasi yang berdekatan dengan bakso Kumis, yaitu bakso Bongkot. posisinya pas tikungan dekat ruko Slawi yang menuju arah kudaile dan kearah PLN Slawi. rasa memang beda, tapi lumayan enak. harga tidak jauh beda dengan bakso Kumis.

Mau yang lebih mantaf lagi? bakso Sutimin. Bakso Sutimin berlokasi di jl. raya Karanganyar dekat pom bensin Karanganyar. Masalah harga memang mahal sedikit, Rp. 10.000 - 11.000 (maklum kalau beli malu nanya 1 porsinya berapa um :) tapi worthed kok, dengan adanya taburan daging potongan kecil dan baksonya yang padat. Kadang kalau pas rame, jam 5 sore pasti habis.

Cemilan atau jajanan di Tegal juga beragam. Tahu aci, olos, kupat glabed, kupat bongkok, kupat blengong, kacang asin Bogares, krupuk antor, pilus. mungkin ada juga yang kurang ngeh dengan kempong. kalau orang Tegal bilang: "tak hantem kempongane," kempong, makanan yg dibuat dari ampas tahu dibuat bulat2 dan digoreng.
Tahu aci adalah makanan yang terbuat dari tahu kuning yang dipotong segitiga dan diatasnya menempel aci (tepung tapioka) hampir seluruh Tegal menjual jajanan ini dipadukan dengan tempe goreng kering dan tempe mendoan.
Yang lagi ngetrend adalah olos. bakso goreng aci yang isinya kol dan cabe rawit dibalut oleh tepung kanji dan terigu.

sekarang olos divariasi dengan bumbu tabur instan. macam-macam rasanya tergantung selera.

Menurut mimin, aslinya olos ada di Jatirawa. Tempat muasal makanan ini, kebetulan dekat dengan rumah mimin. jadi biasa makan :)

2 comments:

  1. waaahh keren rekomendasinya!!
    sangat membantu unuk yang ingin berwisata kuliner di Tegal.
    Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis yang bisa anda kunjungi di Informasi Seputar Indonesia

    ReplyDelete
  2. harganya lumayan terjangkau ya, jadi ingin berlibur ke tegal, oh ya saya juga punya penulisan yang sejenis yang bisa anda kunjungi disini Pariwisata Indonesia

    ReplyDelete

Tolong dikomen ya, dengan bahasa yang baik dan tidak bersinggungan dengan SARA